Orang Terkaya di Industri Teknologi Tahun 2020

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia. Perusahaan media asal Amerika Serikat itu turut mempublikasikan daftar 20 orang terkaya di dunia yang nilai kekayaannya berasal dari industri teknologi untuk tahun ini, per 18 Maret 2020.

Sekilas tak ada perubahan yang begitu signifikan jika membandingkan daftar orang terkaya di bidang teknologi tahun ini dengan tahun lalu. Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, misalnya, masih menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut dengan nilai kekayaan mencapai 113 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.834 triliun. 

Untuk melihat siapa saja yang berhasil menduduki 20 kursi teratas dalam daftar orang terkaya di bidang teknologi, silakan simak daftar di bawah ini.

1. Jeff Bezos

Bezos adalah pria berkepala plontos yang dikenal langganan duduk di urutan pertama daftar orang terkaya di dunia. Sebagian nilai kekayaan Bezos berasal dari saham Amazon miliknya yang berjumlah 55,5 juta lembar hingga Maret 2020, dengan nilai per lembar mencapai ratusan dollar AS. Karena itu, harta Bezos pun bisa naik turun sesuai dengan fluktuasi harga saham perusahaan e-commerce yang didirikannya tersebut. Jeff Bezos menyerahkan 25 persen saham Amazon yang dimiliki bersama ke MacKenzie Bezos ketika mereka bercerai pada 2019. 

2. Bill Gates

Nama yang satu ini juga langganan daftar orang terkaya dunia. Bill Gates mendirikan raksasa software bersama rekannya, Paul Allen, pada 1975.  Gates kini berada di posisi kedua orang terkaya dengan harga senilau 98 miliar dolar AS (Rp 1.600 triliun). Pada Maret lalu, ia memutuskan untuk mundur dari jajaran direksi Microsoft lantaran ingin fokus ke dunia filantropi. Gates sendiri sebenarnya pernah menduduki kursi orang terkaya nomor satu pada 2017 lalu. Namun, posisinya digeser oleh Bezos pada 2018 dan berlanjut hingga sekarang.

3. Larry Ellison

Larry Ellison adalah salah satu pendiri dari perusahaan software ternama, yakni Oracle Corporation. Perusahaan tersebut berhasil membuat Larry menyabet posisi tiga dalam daftar orang terkaya di dunia yang berasal dari ranah teknologi, dengan kekayaan 59 miliar dolar AS (Rp 957 triliun). Baru-baru ini, ia berkontribusi membuat sebuah database untuk menghitung jumlah kasus corona di wilayah Amerika Serikat bersama dengan Gedung Putih dan beberapa lembaga pemerintahan lainnya.

4. Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun terakhir berkat Facebook dan sejumlah perusahaan yang berada di bawahnya. Di umurnya yang 35 tahun, Zuckerberg telah mengumpulkan kekayaan senilai 54 miliar dolar AS (Rp 887 triliun). Belum lama ini, Zuckerberg menjadikan Facebook sebagai perusahaan teknologi pertama yang memberikan bonus sekitar 1.000 dolar AS (Rp 16 juta) ke seluruh karyawannya demi membantu mengurangi beban ekonomi di tengah wabah virus corona.

5. Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah salah satu orang penting di jajaran petinggi Microsoft. Selama lebih kurang 14 tahun (Januari 2000 – Februari 2014), ia dipercaya Gates untuk memimpin arah bisnis Microsoft di awal era 2000-an. Berkat Microsoft, ia berhasil mengumpulkan kekayaan senilai 52,7 miliar dolar AS (Rp 855 triliun).

Baca Juga :  Tips Amankan Data Kamu dari Dark Web

6. Larry Page

Pendiri Google ini berhasil menduduki posisi keenam dalam daftar orang terkaya di dunia teknologi. Angka kekayaan yang dimiliki mencapai 50,9 miliar dolar AS (Rp 822 miliar). Pada Desember tahun lalu, Page memutuskan untuk mundur dari jajaran kepemimpinan Google dan Alphabet. Kini, ia berada di jajaran direksi kedua perusahaan tersebut dan berperan sebagai penasihat teknologi.

7. Sergey Brin

Sergey Brin merupakan sosok yang penting pula di Google. Bersama Larry Page, ia mendirikan raksasa mesin pencari itu sekitar tahun 1998. Sama seperti Page, Brin memutuskan untuk mundur dari CEO Google dan Alphabet dan kini berada di jajaran direksi perusahaan tersebut. Brin tercatat memiliki kekayaan 49,1 miliar dolar AS (Rp 793 miliar).

8. Jack Ma

Jack Ma merupakan salah satu pendiri dari Alibaba Group. Pada September 2019 lalu, ia memutuskan untuk mundur dari perusahaan tersebut dan memilih untuk fokus di dunia filantropi. Nilai kekayaan Ma ditaksir Forbes mencapai 38,8 miliar dolar AS (Rp 627 triliun). Baru-baru ini, lewat Jack Ma Foundation, ia berkontribusi untuk melawan virus corona dengan menyumbangkan jutaan masker ke sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia.

9. Ma Huateng

Pernah dengar Tencent? Perusahaan gaming itu tak akan berdiri jika tidak ada sosok bernama Ma Huateng. Bisa dibilang, Huateng membantu menaikkan popularitas game online di platform mobile. Adapun kekayaan Huateng per Maret 2020 ini tercatat mencapai 38,1 miliar dolar AS (Rp 615 triliun).

10. Mackenzie Bezos

Mackenzie Bezos merupakan wajah baru di dalam daftar orang terkaya di dunia yang dirangkum Forbes. Baca juga: Bos Amazon Donasi Rp 137 Triliun untuk Tanggulangi Perubahan Iklim Berkat sebagian saham Amazon yang diberikan oleh mantan suaminya, Jeff Bezos 2019 lalu, Mackenzie berhasil menduduki posisi 10 di dalam daftar orang terkaya yang penghasilannya berasal dari dunia teknologi. Kekayaan Mackenzie tercatat di angka 36 miliar dolar AS (Rp 580 triliun).

11. Michael Dell

Seperti namanya, Michael Dell adalah pendiri dari perusahaan komputer bernama Dell Technologies. Tahun ini, ia digeser oleh Mackenzie dari posisi 10 lantaran memiliki angka kekayaan yang lebih sedikit, yakni 22,9 miliar dolar AS (Rp 370 triliun). Dell juga memiliki yayasan amal Michael & Susan Dell Foundation yang hingga saat ini telah mendonasikan sekitar 1,75 miliar dollar AS ke beberapa sektor, salah satunya pendidikan.

12. William Lei

William Lei adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan game asal China, NetEase. Nilai kekayaan Lei sendiri mencapai 17 miliar dolar AS (Rp Rp 273 triliun). Pada Oktober tahun lalu, Lei sukses mendorong divisi bisnis NetEase yang bergerak di bidang edukasi, yakni Youdao, untuk melepas sahamnya di bursa Wallstreet, New York, AS.

13. Colin Zheng Huang

Posisi selanjutnya kembali diduduki oleh pebisnis asal China. Ialah Colin Zheng Huang, pendiri sekaligus CEO di salah satu e-commerce raksasa di negara tersebut, yakni Pinduoduo. Kekayaan Huang tercatat di angka 16,5 miliar dolar AS (Rp 265 triliun). Huang juga sempat merintis perusahaan game bernama Xinyoudi dan platform e-commerce lain bernama Ouku.com.

Baca Juga :  Tanda Tidak Beres dan Cara Mengamankan WhatsApp Kamu

14. Laurene Powell Jobs

Pendiri Apple, Steve Jobs memiliki istri bernama Laurene Powell Jobs.Wanita kelahiran New Jersey, AS ini merupakan orang terkaya nomor 14 dengan angka 16,4 miliar dolar AS (Rp 264 triliun). Kekayaan Laurene berasal dari saham yang ia miliki di Apple dan raksasa dunia hiburan, Walt Disney.

15. Zhang Yiming

TikTok mungkin populer di berbagai kalangan saat ini. Namun, tahukah mereka siapa pendirinya? Zhang Yiming merupakan sosok yang mendirikan ByteDance, induk perusahaan TikTok pada 2012 lalu. Baca juga: TikTok dan Upaya Lepas dari Cap Buatan China Berkat ByteDance dan segala software yang dibikinnya, Yiming mampu mengambil tempat di dalam daftar 20 orang terkaya di dunia teknologi, dengan nilai mencapai 16,2 miliar dolar AS (Rp 260 triliun).

16. Eric Schmidt

Schmidt merupakan sosok familiar di dunia teknologi. ia pernah menjabat sebagai jajaran direksi Apple dan saat ini memiliki jabatan di jajaran pimpinan eksekutif Google. Nilai kekayaan Schmidt yang dicatat Forbes adalah sebesar 13,2 miliar dolar AS (Rp 212 triliun)

17. Dietman Hopp

Dietman Hopp merupakan salah satu pendiri dari perusahaan penyedia software populer di kalangan enterprise, SAP. Pria asal Jerman ini memiliki kekayaan senilai 13 miliar dolar AS (Rp 200 triliun). Ia juga merupakan orang yang memiliki saham terbesar di perusahaan farmasi asal negaranya, CureVac.

18. Zhang Zhidong

Zhang Zhidong merupakan salah satu pendiri dan mantan Chief Technology Officer (CTO) di perusahaan gaming asal China, Tencent. Berkat saham 3 persennya di Tencent, Zhidong berhasil memposisikan diri di dalam daftar orang terkaya di dunia teknologi lansiran Forbes, dengan nilai harta 13 miliar dolar AS (Rp 200 triliun).

19. Hasso Plattner

Hasso Plattner merintis perusahaan software SAP bersama dengan kawannya yang berada di posisi ke-17 di dalam daftar ini, Dietman Hopp. Kekayaan Plattner yang sebagian besar berasal dari SAP itu mencapai 12,4 miliar dolar AS (Rp 199 triliun). Dia juga memiliki sebagian besar saham di salah satu tim olahraga hockey alias NHL, San Jose Sharks.

20. Shiv Nadar

Melengkapi daftar 20 orang terkaya di bidang teknologi ada pebisnis internet bernama Shiv Nadar. Pria asal India ini merupakan salah satu pendiri dari perusahaan penyedia solusi teknologi, HCL Technologies. Nilai kekayaan Shiv yang dicatat Forbes mencapai 11,9 miliar dolar AS (Rp 191 triliun).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “20 Orang Terkaya di Industri Teknologi”, https://tekno.kompas.com/

Bagikan