Putu Nopa Gunawan

—– Professional

  • Nama Lengkap : Putu Nopa Gunawan
  • Nama Panggilan : Putu / Nopa
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Tahun lahir : 1992
  • Gender : Laki-laki
  • Alamat : Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: bliputunopa92[at]gmail.com
  • Website : www.nopagunawan.com

1. Tentangku3. Pengalaman Kerja
2. Pendidikan4. Organisasi
*click for jump


Tentang Ku :

Hi para sahabat, teman – teman biasa memanggil saya Nopa, namun kadang banyak yang memanggil Putu (khususnya teman-teman yang jauh dari lingkungan orang Bali). Kedua orang tua saya adalah suku Bali, tapi saya lahir dan dibesarkan di Sulawesi Selatan, karena kakek dan nenek kami sudah merantau (transmigrasi) dari Bali sudah sejak lama – tahun 80an. Kampung saya sangat jauh dari kota, tepatnya di desa kecil di Kabupaten Luwu Utara (sekitar 460 KM dari Kota Makassar).

Sejak kecil kami sudah selalu diajari mandiri dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita khususnya dalam hal pendidikan saat itu. Pada saat sekolah saya langsung masuk sekolah SD yaitu SDN 336 Cendana Putih III (nama sekolah saat itu) pada tahun 1998 s/d 2004, kemudian dilanjutkan sekolah SMP di SMPN 1 Mappedeceng tahun 2004-2007. Saat itu sebagai seorang anak sekolah bukan berarti saya hanya bisa fokus pada belajar pelajaran sekolah saja, namun harus tetap ikut bertani di sawah (menanam padi), di kebun (memelihara kakao) dan tetap memelihara hewan peliharaan. Bahkan untuk mendapatkan uang jajan tambahan, kami biasa jadi buruh petik atau buruh usir burung disawah. Ya hampir semua anak dikampung saya melakukan hal yang sama dan itulah masa-masa indah kami.

Melanjutkan sekolah SMA, saya merantau ke Kota Palopo tahun 2007-2010 masuk di SMA Frater Palopo (sekitar 80 KM dari kampung), dan baru bisa pulang ke kampung 3 bulan sekali. Astungkara (syukur) setelah berjuang di Palopo, akhirnya tahun 2010 saya masuk bebas tes (meskipun juga ikut SNMPTN) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Hasanuddin dan mendapat beasiswa Bidik Misi dari DIKTI sehingga biaya kuliah ditanggung beasiswa sempai lulus.

Selama kuliah banyak aktif di organisasi-organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan khususnya organisasi diluar kampus namun tidak mengabaikan kewajiban di kampus, hingga akhirnya dapat selesai dengan tepat waktu dan dengan hasil yang diharapkan.

Setelahnya saya merantau ke Ibu Kota Jakarta untuk menikmati ‘kejamnya ibu kota’ dan akhirnya bekerja, juga kuliah, serta aktif diorganisasi kemahasiswaan dan kepemudaan tingkat nasional, dannnn mimpi saya masuk Istana terwujud bisa diskusi dan bersalaman dengan orang nomor 1 di Indonesia (-foto dibawah ya).

Lahir dan besar dari keluarga serta lingkungan petani, sejak kecil membuat semangat saya sangat besar untuk bermimpi bisa sekolah setinggi-tingginya. Astungkara (syukur) saat ini saya sudah berstatus lulusan S2 Magister Manajemen. Beberapa kali pindah lokasi pekerjaan, saat ini saya sedang merintis sebuah perusahaan bidang Teknologi Informasi dan Digital, dan berharap perusahaan ini akan sukses serta memberi manfaat untuk orang banyak. Semoga sukses menyertai kita!

Motto : Satyam Eva Jayate (Hanya Kebenaran yang akan Menang)

Semoga semua Makhluk Berbahagia!


Pendidikan :

2010-2014
Universitas hasanuddin, makassar – sulawesi selatan

S1 – Sarjana Teknik Elektro

2016-2018
Universitas mercu buana, jakarta

S2 – Magister Manajemen SDM


Pengalaman Kerja :

  1. Mei – Juli 2012
    • Mahasiswa Magang
    • Perusahaan bergerak dibidang konsultan, engineer, dan kontraktor teknologi informasi.
  2. Januari 2014 – Februari 2014
    • Mahasiswa Magang
    • Perusahaan bergerak dibidang provider jaringan telekomunikasi (anak perusahaan PLN)
  3. Maret – Juli 2015
    • Staff Engineer
    • Perusahaan bergerak dibidang konsultan, engineer, dan kontraktor teknologi informasi.
  4. Agustus 2015 – November 2016
    • Site Engineer Manager
    • Perusahaan bergerak dibidang teknologi dan jaringan telekomunikasi (perusahaan Asing).
  5. Januari – Agustus 2019
    • Project Management and Business Development
    • Perusahaan bergerak dibidang konsultan, engineer, dan kontraktor teknologi informasi.
  6. September 2019 – Sekarang
    • PT. Exprodi Prakasa Teknokarya
    • Co-Founder / Direktur
    • Perusahaan bergerak dibidang teknologi informasi dan digital.

Pengalaman Organisasi :

  1. 2005-2006 : Bidang Kerohanian OSIS SMPN 1 Mappedeceng;
  2. 2008-2009 : Wakil Ketua OSIS SMA Frater Palopo;
  3. 2012-2013 : Kompartemen Pendidikan, Himpunan Mahasiswa Elektro – Universitas Hasanuddin;
  4. 2013-2015 : Ketua Biro Informasi dan Komunikasi – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Provinsi Sulawesi Selatan;
  5. 2014-2016 : Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi – Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPP PERADAH ) Sulawesi Selatan;
  6. 2014-2018 : Ketua Departemen Data dan Informasi – Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI);
  7. 2018-2019 : Wakil Ketua Umum Bidang Informasi dan Komunikasi – Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPN PERADAH);
  8. 2018-sekarang : Anggota Bidang Data dan Informasi – Forum Alumni KMHDI Pusat.
  9. Sekarang : Organisasi dan kegiatan sosial yang tidak mengikat.

Untuk Info lebih lengkap, silahkan langsung kontak saya melalui WhatsApp / Email atau Sosial media lainnya. Terima kasih.